Mata Diklat : Adm. Perkantoran
Kompetensi Dasar : Mempelajari adm. Perkantoran terutama dalam proses pengarsipan dokumen
Sub Kompetensi : Memahami proses sistem kearsipan dalam dunia kerja
Kriteria Kinerja : Pemahaman proses sistem kearsipan
========================================================================
Pengertian
kearsipan
Kearsipan adalah suatu proses mulai dari penciptaan,
penerimaan, pengumpulan, pengaturan, pengendalian, pemeliharaan dan perawatan
serta penyimpanan warkat menurut sistem tertentu.
Memilih
Sistem Kearsipan yang Sesuai
Sistem
penyimpanan arsip yang sesuai
Filling adalah
salah satu kegiatan pokok galam bidang kearsipan. Filling dapat diartikan suatu
proses penciptaan. Pengumpulan, pemeliharaan, pengaturan, pengawasan,
penyusunan dan penyimpanan. Cara atau metode yang sistematis sehingga warkat
tersebut dengan mudah cepat dan tepat dapat ditemukan kembali apabila
sewaktu-waktu dibutuhkan.
Sistem penyimpanan yang sesuai diantaranya:
Sistem penyimpanan yang sesuai diantaranya:
I.
Sistem
nomor merupakan pemberian nomor yang terdapat pada folder
Ø Pengertian
System Numeric atau Sistem nomor
adalah sistem penyimpanan dokumen yang berdasarkan kode nomor sebagai pengganti
dari nama orang atau nama badan organisasi.
Ø
Jenis-jenis
a.
Sistem nomor menurut Dewey (Sistem Desimal /
Klasifikasi)
Sistem ini menetapkan kode surat berdasarkan nomor yang ditetapkan untuk
surat yang bersangkutan.
b.
Sistem nomor menurut Terminal Digit
sistem dengan kode penyimpanan dan kode penemuan kembali surat ,memakai
sistem penyimpanan menurut teminal digit, yaitu nomor yang terletak dalam surat dan buku arsip.
c.
Sistem Nomor Middle Digit
Sistem ini merupakan kombinasi dari Sistem Nomor Decimal Dewey dan Sistem
Nomor Terminal Digit. Yang dijadikan kode laci dan guide adalah dua angka yang
berada di tengah, sedangkan dua angka yang berada di depannya menunjukkan kode
map, kemudian dua angka yang berada dibelakangnya menunjukkan urutan surat yang
kesekian didalam map.
d.
Sistem nomor Soundex (phonetic system)
Sistem Soundex adalah sistem penyimpanan warkat dengan kode (notasi) yang terdiri dari 1
huruf dan 3 angka. Susunan penyimpanannya adalah menurut abjad yang diikuti
urutan nomor.
Ø
Kelebihan dan Kekurangan
v
Kelebihan sistem nomor
§
Penyimpanan menjadi lebih teliti, cermat dan
teratur
§
Penyimpanan menjadi lebih cepat dan tepat
§
Sangat sederhana
§
Dapat digunakan untuk segala macam
surat/warkat/dokumen.
§
Nomor dokumen dapat digunakan sebagai nomor
referensi dalam korespodensif.
§
Nomor map atau dokumen dapat diperluas tanpa
batas
v Kekurangan
sistem nomor
§
Lebih banyak waktu digunakan untuk mengindeks
§
Banyaknya map untuk menyimpan surat-surat yang
beraneka ragam dapat menimbulkan kesulitan
§
Perlu ruangan yang luas dan peralatan yang
memadai untukmenyimpan arsip yang banyak.
Ø
Cara penyimpanan menurut sistem Dewey
A.
Siapkan Peralatan
- Filling cabinet
- Guide
- Folder
B.
Lihat Kode Pada Klasifikasi Surat
Ø
Cara menemukan
1.
Lihat nomor kode pada surat yang telah diindeks
2.
Lihat kode klasifikasi pada map
3.
Masukkan surat ke dalam map
II.
Sistem
Wilayah merupakan menyimpanan berdasarkan daerah/wilayah surat yang diterima.
Ø PENGERTIAN
Filing sistem wilayah (geografis) ialah sistem penyimpanan dokumen,
berkas atau arsip yang dijadikan pedoman dalam menemukan kembali arsip secara
cepat yang diselenggarakan berdasarkan daerah atau letak wilayah dari pengirim
surat atau wilayah yang dikirimi surat. Dalam penyelenggaraannya sistem ini
harus pula dibantu oleh sistem yang lain yaitu dengan sistem abjad atau sistem
tanggal.
Ø
PROSEDUR PENYIMPANAN ARSIP
a.
Melihat tanda pembatas dalam surat, yaitu tanda
yang menyatakan bahwa surat tersebut telah selesai diproses dan boleh disimpan;
b.
Membaca surat;
c.
Memberi kode surat;
d.
Mencatat surat pada kartu kendali;
e.
Menggolongkan surat menurut wilayahnya
masing-masing;
f.
Menyimpan surat;
g.
Menyimpan kartu kendali.
Ø PERLENGKAPAN
YANG DIPERLUKAN
1)
Drawer Filing Cabinet
2)
Lateral Filing Cabinet
3)
Guide
4)
Folder.
5)
Pelubang Kertas
6)
Paper Clip
7)
Lem
8)
Gunting
9)
Penggaris
10)
Alat Tulis
Ø Kelebihan
dan Kekurangan
v
KELEBIHAN
·
Pemberkasan langsung dapat dilakukan tanpa rujukan ke indeks.
·
Penentuan tempat berkas dapat secara cepat
dilakukan apabila orang yang memerlukannya mengetahui subjek yang dibahas.
·
Perolehan informasi dapat dilakukan didaerah itu
masing-masing berdasarkan berkas yang disusun.
·
Perkiraan aktivitas berkas dapat segera diketahui
apabila berkas dapat ditambah, dikurangi atau disusun kembali dengan mudah.
v
KEKURANGAN
·
Perlu dilakukan kerja tambahan karena pemakai
harus menyusun 2 berkas yaitu berkas berdasarkan wilayah dan berkas untuk
indeks.
·
Apabila perseorangan atau badan memilih dua
alamat maka manajer arsip harus menyusun berkas kedua alamat.
·
Kesalahan pemberkasan dapat terjadi karena ada
nama yang sama atau nama jalan yang sama yang terletak disatu daerah atau
beberapa daerah tertentu.
·
Harus digabung dengan metode alfabetis atau
numeric.
Ø
CARA MENEMUKAN ARSIP
o
Membuka rak kartu indeks atau kartu klaper.
o
Setelah mengetahui kode kartu klaper, misalnya
kartu klaper dengan kode B maka langkah berikutnya mencari surat yang berasal
dari daerah sesuai dengan kode tersebut.
Ø
JENIS PERUSAHAAN YANG COCOK MENGGUNAKAN
SISTEM WILAYAH
1)
Perusahaan yang memiliki cabang diberbagai
lokasi seperti bank, asuransi, dan otomotif
2)
Perusahaan yang memiliki lisensi untuk
beroperasi diprovinsi tertentu namun tidak boleh dikawasan lain.
3)
Perusahaan Utilitas semacam perusahaan
gas, listrik, telepon dll.
4)
Penjualan melalui pos, penerbit, toko buku,
pedagang kelas besar, yang menggunakan jasa pos serta memasarkannya menurut
rancangan geografis.
5)
Perusahaan yang mengkhususkan diri berpromosi
pada kawasan tertentu.
6)
Instansi atau lembaga yang menyusun berkas
mereka menurut wilayah.
7)
Grosir yang membeli barang dalam kuantitas besar
kemudian menyebarkannya menurut pembagian geografis.
8)
Perusahaan multinasional.
9)
Perusahaan survey yang melakukan survey menurut
daerah.
III.
Sistem
tanggal merupakan penyimpanan surat berdasarkan tanggal, hari, bulan/tahun
tanggal dijadikan kode surat.
Jenis Perlengkapan Arsip
Sistem Tanggal
Jenis Perlengkapan Kearsipan Sistem tangggal meliputi:
1.
Filing Cabinet
2.
Guide
3.
Map/folder
4.
Kotak Sortir
5.
Kartu Indeks
6.
Buku Arsip
Dari berbagai perlengkapan
di atas pemberian kode-kodenya disesuaikan dengan klasifikasi yang ditetapkan
dalam kearsipan sistem tanggal.
Keterangan Jenis perlengkapan:
1.
Filing Cabinet (lemari tempat menyimpan arsip)
Banyaknya sesuai dengan kebutuhan. Jika tahun dijadikan kode laci maka 1 tahun cukup menggunakan 1 laci filing cabinet tetapi jika arsip yang disimpan banyak bisa diperlukan lebih, sesuai kebutuhan.
Banyaknya sesuai dengan kebutuhan. Jika tahun dijadikan kode laci maka 1 tahun cukup menggunakan 1 laci filing cabinet tetapi jika arsip yang disimpan banyak bisa diperlukan lebih, sesuai kebutuhan.
2.
Guide (kertas/karton dengan ukuran tertentu yang berfungsi sebagai
petunjuk, pembatas dan penyangga deretan arsip)
Jumlahnya sebanyak pembagian pada sub subyek. Jika tahun dijadikan kode laci maka guide diperlukan sebanyak 12 atau sejumlah bulan dalam setahun.
Jumlahnya sebanyak pembagian pada sub subyek. Jika tahun dijadikan kode laci maka guide diperlukan sebanyak 12 atau sejumlah bulan dalam setahun.
3.
Map (folder)
Jumlahnya sebanyak pembagian pada sub-sub subyek. Jika tahun dijadikan kode laci dan guide berdasarkan bulan maka map/foldernya diperlukan sebanyak hari dalam setahun (365 atau 366).
Jumlahnya sebanyak pembagian pada sub-sub subyek. Jika tahun dijadikan kode laci dan guide berdasarkan bulan maka map/foldernya diperlukan sebanyak hari dalam setahun (365 atau 366).
4.
Kotak Sortir (kotak yang terdiri dari beberapa bagian untuk
memisahkan arsip)
Disiapkan sesuai kebutuhan.
Disiapkan sesuai kebutuhan.
5.
Kartu Indeks (kartu kecil yang dapat digunakan sebagai pedoman
untuk menyimpan arsip)
Disiapkan bila diperlukan
Disiapkan bila diperlukan
.
6.
Buku Arsip (buku untuk mencatat arsip yang akan disimpan)
Disiapkan sesuai kebutuhan.
Disiapkan sesuai kebutuhan.
Dalam menyusun dan menggunakan peralatan
kearsipan sistem tanggal diatur sebagai berikut:
1.
Untuk kantor/organisasi yang kecil yang arsipnya belum banyak:
§ Kode laci
diambil dari tahun
§ Kode
guide diambil dari bulan
§ Kode
folder diambil dari tanggal
2.
Untuk kantor/organisasi yang menengah dan besar:
§ Kode laci
diambil dari gabungan bulan (2 bulan atau 3 bulan)
Misalnya: laci untuk bulan Januari dan Februari atau Januari, Februari dan Maret.
Misalnya: laci untuk bulan Januari dan Februari atau Januari, Februari dan Maret.
§ Kode
guide diambil dari bulan
§ Kode
folder diambil dari tanggal
Penyusunan guide pada laci filing cabinet dimulai dari dari belakang berurutan ke depan dari bulan Januari hingga Desember. Jadi guide Desember letaknya paling depan. Demikian juga untuk penyusunan map/foldernya, folder 1 paling belakang dan 30/31 paling depan.
Filling sistem suatu rangkaian kerja yang
teratur agar dapat dijadikan untuk penyimpanan arsip sehingga saat diperlukan
arsip tersebut dapat dan tepat ditemukan. Banyak istilah yang digunakan para
ahli dalam membahas filling sistem seperti sistem kearsipan, manajemen
kearsipan, record manajemen dan lain lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar